Senin, 23 Maret 2015

PESONA INDAH PULAU MENJANGAN, BALI

PULAU MENJANGAN BALI

Wisata Pulau Menjangan Bali – Daya tarik wisata di Bali tidak selalu didominasi oleh keindahan Pantai Kuta. Pun tak selalu berupa kesakralan tempat wisata seperti Pura Besakih. Bali juga menyimpan alur keindahan alam yang lain, yang berupa pulau. Pulau ini bernama Pulau Menjangan. Dalam bahasa Bali, arti dari kata menjangan adalah kijang. Lalu apa hubungan antara menjangan dengan pulau ini? Sebab pulau yang satu ini menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar, menjangan atau kijang.

Wisata Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan 1
Pulau Menjangan 2
Pulau Menjangan 3
Pulau Menjangan 4
Secara geografis, Pulau Menjangan Bali terletak 10 km arah barat laut Pulau Bali. Daratannya belum berpenghuni. Meskipun demikian, keberadaan pulau ini tak bisa dipandang sebelah mata oleh traveler manapun saat berkunjung ke Bali. Pulau yang tergolong berukuran kecil ini, merupakan pulau yang disucikan oleh penganut agama Hindu. Mereka seringkali mendatangi pulau ini untuk beribadah. Tak ayal, ada beberapa bangunan suci bagi mereka atau pura, dibangun. Pura-pura ini tak pernah sepi. Karena mobilitas umat Hindu yang mengunjunginya, selalu tinggi. Pulau Menjangan juga sangat cocok dijadikan spot jujukan bagi penggemar fotografi. Setiap spot yang terhampar di Pulau Menjangan, bisa menjadi surga para fotografer.
Wisata Pulau Menjangan Bali menawarkan keindahan pantai yang selalu memanjakan setiap pengunjungnya. Balutan airnya yang berwarna kebiruan, mengelilingi pulaunya yang tampak cantik ini. Bebukitan hijau juga tampak asri di kejauhan saat kita naik perahu motor. Selain itu, di dasar laut, banyak kekayaan hayatinya tersebar. Aneka terumbu kerang dan biota laut tumbuh dengan baiknya. Maka, sejumlah wisatawan, baik domestik maupun asing, gemar berkegiatan menyelam. Tentu, dengan kegiatan seperti itu, eksplorasi alam bawah laut Pulau Menjangan, bisa mereka lakukan dengan baik.

Spot Penyelaman Anchor Wreck, Pulau Menjangan

Pada kedalaman sekitar 45 meter, terdapat spot penyelaman populer, dengan sebutan Anchor Wreck. Menilik namanya, tentu spot tersebut didasarkan atas sebuah bangkai kapal perang, berikut jangkar yang masih tersisa utuh; meski telah mengalami karat. Di sekujur tubuh kapal, banyak ditumbuhi tumbuhan lumut dan karang lunak.
Pulau Menjangan Bali selalu mengundang ketertarikan bagi setiap wisatawan. Kepuasan tak terhingga akan mereka rasakan sekembali mereka dari pulau tersebut. Lalu seperti apa akomodasi menuju pulau Menjangan? Bila kita berangkat dari dermaga Labuan Lalang di Desa Teluk Terima, maka kita akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 40-60 menit. Selama perjalanan, panorama indah dari perairan Bali terlihat dengan jelas. Setiba di kawasan Menjangan, keindahan pantainya bisa menghapus segala lelah kita selama perjalanan. Air laut biru jernih, berpadu mesra dengan hamparan pasir putihnya yang elok. Karena di Pulau Menjangan, tidak ada sejumlah tempat makan, bahkan penginapan, maka disarankan agar setiap pengunjung membawa perbekalan sendiri. Hal ini sebagai pengganti dari ketiadaan tempat makan yang ada di sana.

0 komentar: