Jumat, 20 Maret 2015

10 TREND TEKNOLOGI INFORMASI PALING MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MANUSIA

INILAH 10 TREND TEKNOLOGI INFORMASI PALING MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MANUSIA

Modern ini, teknologi informasi mampu menggeser beberapa teknologi lampau, seperti media online yang lebih banyak diminati dibanding media cetak dikarenakan pengaruh fleksibel dan efisien. Tak hanya itu saja telepon genggam atau yang kita kenal dengan ponsel terus berkembang hingga menjadi ponsel cerdas yang makin menggeser komunikasi telpon rumah hingga komunikasi secara langsung.

gambar: spectrumistechnology.com

Teknologi Informasi atau disingkat TI yang dalam bahasa inggris IT (Information Technology) merupakan istilah bagi teknologi apapun yang dapat membantu dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan atau menyebarluaskan informasi. TI juga menyatukan komputasi dan komunikasi dalam bentuk data, visual, suara dan video. Tidak terbatas hanya pada komputer pribadi namun juga berupa telepon, televisi hingga ponsel.

Terdapat sisi positif dan negatif dari perkembangan teknologi, termasuk perkembangan teknologi informasi yang mengubah cara hidup, cara pandang serta cara berkomunikasi dengan orang lain.

Berikut adalah 10 Trend Teknologi Informasi yang Paling Mempengaruhi Kehidupan Manusia saat ini:


1. Televisi

gambar: bellyhelp.com

Televisi merupakan media telekomunikasi yang menerima siaran gambar dan suara lewat jarak jauh yang didalamnya terdapat seperangkat komponen elektronika. Televisi atau yang dikenal TV ini pertama kali dikomersilkan pada tahun 1920.

Seiring perkembangan jaman dan kecanggihan teknologi, TV yang tadinya berbentuk tabung kini, berbentuk flat hingga melengkung. Yang tadinya monokrom menjadi LCD dan LED. yang tadinya hanya untuk menonton siaran berita dan film, kini sudah bisa menambahkan perangkat keras lainnya seperti DVD, USB bahkan TV kabel serta TV Internet.

Televisi yang tadinya dianggap biasa-biasa saja, lama kelamaan menjadi elektronik yang sangat populer diseluruh dunia. Keberadaannya telah mengubah gaya hidup manusia, memberikan nilai positif serta negatif bagi penggunanya.

Televisi menggeser kepopuleran radio, hingga hampir setiap rumah diseluruh penjuru dunia ataupun dikantor terdapat minimal 1 buah televisi yang menemani keseharian kita. Bahkan di Indonesia sendiri sepertinya televisi jadi teman setia bagi penggemar sinetron.

TV juga memberikan kemudahan informasi mengenai seputar dunia, mulai dari cuaca, kondisi sebuah negara, hingga berita politik dan program-program sinetron, reality show serta serial film. Namun kenyataannya kini televisi menjadi salah satu media yang mampu menggeser peradaban manusia bukan hanya dari segi memperoleh informasi namun juga dari perubahan sosial hingga lifestyle.

Peran dalam sebuah sinteron ataupun film serta iklan -iklan komersial menjadikan manusia umumnya lebih konsumtif serta mengikuti gaya hidup yang ditampilkan dalam sebuah sinteron ataupun film. Ada yang baik ada pula yang buruk. Imbas terbesar adalah anak-anak dan remaja, sifat mereka yang masih labil dan mengikuti apa yang dilihat, menjadikan beberapa diantaranya melabrak norma-norma yang berlaku.

Sehingga, saat ini dunia mulai sadar untuk mulai mengurangi menonton televisi terutama acara-acara yang kurang baik terutama pada anak-anak dan remaja. Tak hanya itu jika menonton televisi secara berlebihan hingga berjam-jam dan dalam jarak yang dekat akan mengurangi kekuatan penglihatan mata kita, sehingga penglihatan akan makin kabur dan mengalami kelainan mata seperti rabun jauh. Data riset pun menyatakan saat kelamaan menonton televisi tiap hari dapat meningkatkan obesitas.

2. Komputer

gambar: wikipedia.org

Komputer awalnya didefinisikan sebagai alat yang digunakan oleh orang dalam hubungannya dengan perhitungan aritmateika atau matematika. Namun kemudian berkembang menjadi sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk segala jenis kegiatan berupa menyimpan, membuat dan memproses atau menyebarkan data berupa tulisan, gambar hingga video.

Komputer yang tadinya berbentuk tabung, kini berkembang menjadi komputer LCD dan LED, bahkan dengan merek berbeda bentuknya pun berbeda-beda. Komputer, kini dikenal dengan beragam nama sesuai dengan fungsi dan bentuknya, seperti Personal Comuputer yang disingkat PC, notebook atau laptop, netbook, hingga Desktop all in one.

Jaman globalisasi dan metropolitan seperti sekarang ini, komputer digunakan oleh siapa saja apakah ia seorang karyawan, seorang, guru, seorang bos, atau pelajar hingga anak-anak sekalipun. Keberadaanya mengubah kehidupan manusia terutama membantu mempermudah dalam beraktivitas yang ada hubungannya dengan data-data. Komputer mampu menggeser menulis dikertas dalam menuliskan catatan penting yang dapat disimpan dan diakses kapanpun dimanapun dengan mudah.

Bahkan Laptop yang saat ini mampu menggeser fungsi dari komputer bentuk desktop, karena lebih fleksibel serta dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dimana saja. Berbeda dengan desktop yang hanya bisa disimpan di rumah, ataupun kantor-kantor, laboratorium, di sekolah sebagai media pembelajaran interaktif.

Dengan laptop, komputer yang tersambung internet saat ini memberikan efek yang jauh lebih besar bagi kehidupan manusia, bukan hanya untuk mengerjakan tugas namun juga memampu menghasilkan uang dan bisnis.

3. Internet

gambar: ec.europa.eu

Internet yang merupakan kependekan dari interconnection-networking ini merupakan jaringan seluruh komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP), sebagai protokol pertukaran paket  untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.

Internet yang tujuan awalnya diperuntukan untuk keperluan militer, kini menjadi sebuah teknologi yang dapat digunakan setiap orang untuk berkomunikasi dengan siapapun dari yang kita kenal hingga orang yang tidak kenal sama sekali lewat aplikasi yang ada di internet.

Jumlah pengguna internet makin banyak terlebih dengan adanya smartphone yang memungkinkan setiap orang terhubung dengan internet hingga 24 jam. Tak hanya itu internet menjadi sebuah fasilitas yang dipergunakan perorangan ataupun sekelompok orang untuk mendirikan basis usahanya secara online. Sebut saja facebook, google, yahoo dan banyak lainnya.

Jika internet tak ada, maka tak akan ada website, tak akan ada informasi super cepat lewat google serta tak akan ada orang yang berjualan serta mendirikan usaha secara gratis lewat online seperti sekarang ini. Internet telah mengubah dunia dan kebutuhan dunia dalam berbisnis, menyebarkan informasi hingga mempermudah komunikasi dengan siapapun.

4. Search Engine

gambar: nbcnews.com

Search Engine atau yang dikenal dengan laman pencarian adalah salah satu produk dan trend paling cerdas yang pernah ada selama ini. Sebut saja Google Search, Yahoo, hingga Bing. Saat kita mencari informasi, berita, materi pelajaran, dan lainnya maka dengan cepat sederet data akan muncul, dibawa ke link-link website yang sesuai dengan kata kunci yang dituliskan.

Google search selama ini menjadi yang terpopuler dan terbaik, pencariannya seolah menjadikannya dewa informasi di dunia. Bagaimana tidak, setiap kita menanyakan sesuatu dan kita tidak mengetahuinya, maka kita akan langsung menuju google untuk menemukan apa yang ingin diketahui.

Tepatnya perpustakaan terlengkap di dunia, bukan gedung perpustakaan namun lewat search engine. Fleksibel, efisien dan efektif. Meskipun memang reabilitas nya masih kurang dibandingkan dengan terbitan artikel dalam bentuk buku.

Om Google, Mbah Google sering menjadi guyonan yang menandakan google tahu segalanya, ia akan memberikan informasi dengan cepat dan beragam pilihan yang berkaitan baik berupa artikel, jurnal, gambar hingga video.

Tak hanya itu, bagi seorang yang kegiatannya mengoptimasi web atau blog, menjadikan pencarian google sebagai salah satu patokan cara meningkatkan ranking dan kepopuleran website atau blognya. Saat artikel kita berada dihalaman awal pencarian dan nomor satu maka disanalah kebanggaan memiliki web dan blog, yang tentunya berpengaruh pada pendapatan saat website tersebut menjadi lahan bisnis.

5. Android

Android Lolipop, gambar: android.com

Android merupakan OS (Operating System) berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh, seperti ponsel cerdas (smartphone) serta komputer tablet.

Adalah Andy Rubin, pada tahun 2003 yang membuat dan mengembangkan Android hingga sepopuler saat ini. Sayang Andy Rubin sekarang keluar dari Google dan mendirikan perusahaan inkubator yang bergerak dibidang teknologi hardware.

Kepopuleran Android dengan beragam nama jenis makanan manis (ice cream, jellybean, kitkat, lolipop) tersebut mengalahkan iOS dari Apple, symbian dan windows. Sehingga tak heran kemunculan android mempopulerkan nama ponsel cerdas atau Smartphone.

Dengan adanya Android sebagai andalan produk google, menjadikan manusia lebih mudah mengakses perangkat google dan aplikasi bermanfaat dan menarik hingga games di ponsel, serta memungkinkan terhubung dengan internet lebih cepat.

Saat Android muncul, saat itu pula ponsel cerdas menjamur diseluruh dunia dengan beragam jenis merek yang menawarkan ponsel OS android dari harga termurah hingga harga termahal sebanding dengan harga motor. Maka tak heran android sudah menjadi bagian dari kemudahan beraktivitas bagi manusia dikesehariannya, terutama dalam berkomunikasi lewat social media dan aplikasi lainnya yang bisa diakses pada Smartphone.

6. Smartphone


Smartphone dan Tablet, gambar: android.com

Smartphone merupakan ponsel cerdas yang dikaitkan dengan layarnya yang dapat disentuh, serta memberikan kemudahan bagi kita dalam berkomunikasi dengan orang lain ataupun mengerjakan tugas kantor lewat seperangkat ponsel dengan OS cerdas seperti Android, iOS apple hingga Windows.

Smartphone terasa berguna saat tersambung dengan internet yang menghubungkan aplikasi OS yang dipakai ponsel tersebut kemudian dipakai setiap orang dengan kegiatan hampir sama baik untuk chating di WA, BBM, Line, Main games, menggunakannya sebagai media mencatat kegiatan sehari-hari, ataupun untuk mendokumentasikan foto dan terpopuler saat ini selfi.

Setiap orang jika kita perhatikan, tak akan lepas dari smartphone yang dimilikinya, sebentar sebentar membuka hape hanya untuk membalas chat teman, keluarga, atau sekedar update status di twitter dan fb berupa tulisan kegiatan atau foto. Saat makan bareng temen, saat menunggu antrian atau sendirian, hampiur 24 jam menggunakan smartphone dikeseharian.

Maka tak heran autis dalam arti menyendiri dengan ponselnya, hingga saat berjalan menduduk mengotak-atik dan bahkan sampai kamar mandi sudah bukan hal yang tabu lagi.

Terlebih saat ini merek dagang ponsel populer seperti Apple, Samsung, LG, HTC, menawarkan produk yang selalu baru mulai dari layar sentuhnya, hingga desain dan bahan dari ponsel itu sendiri. Menambah menarik setiap orang untuk mengganti ponselnya setiap tahun atau setiap ada model terbaru. Terkadang harga menjadi nomor dua bagi sebagain orang yang kecanduan teknologi cerdas ponsel masa kini.

Namun terdapat satu keprihatinan, bahwa jumlah ponsel akan melebihi jumlah penduduk saat ini. Wajar saja, karena setiap orang kadang memiliki ponsel lebih dari satu mungkin lebih dari lima. Hal ini membuatsampah elektronik juga makin menumpuk selain sampah plastik.
7. Youtube


gambar: technobuffalo.com

Jika ada sebutan televisi internet, maka youtube menjadi kandidat pertama. Pasalnya saat ini, banyak video yang diupload di youtube. Bukan hanya berita yang ditayangkan di televisi kemudian di upload di akun youtube, namun juga video musik menjadi salah satu paling trend saat ini.

Fenomena Justin Bieber yang menjadi populer karena youtube, merambah kesemua negara hingga kebebasan berekspresi dalam mengcover lagu populer telah menjamur begitu cepat. Ada yang memang menginginkan populer dan membuat rekaman, ada pula yang memang menyalurkan hobi bernyanyi dan membuat video.

Karya kreatif dan luar biasa berceceran di youtube, video film amatir, video musik cover lagu, hingga channel pendidikan dan ekonomi serta perusahaan non porfit yang menyebarkan ilmu serta kebaikan. 

Youtube pun telah menjadi media baru bagi kita membagi informasi lebih real lewat rekaman video, lebih interaktif dengan beragam jenis konsep serta menghasilkan uang dengan adsense dari google untuk youtube.

Terkadang kita tidak perlu membeli cd atau dvd album penyanyi favorit, cukup dengan mengunjungi youtube, video musiknya bisa kita nikmati.  Tak hanya itu saja, youtube pun menjadi salah satu media marketing dunia entertainment, katakanlah trailer film bisa disaksikan lewat youtube dan saat ini mulai menggeser iklan komersil trailer di televisi.

Namun, kadang penggunaan situs video terbesar dan terpopuler ini, disalah gunakan oleh pengguna, sehingga banyak hal yang harus diperhatikan, terlebih jika sudah menyangkut anak-anak.

8. Social Media


gambar: hongkiat.com

Sosialisasi dan komunikasi secara langsung mulai tergeser dengan social media yang sangat berkembang pesat seiring makin lengkapnya teknologi yang mendukung lewat smartphone yang terhubung internet.

Facebook, twitter adalah dua yang terpopuler saat ini dalam melakukan komunikasi lewat dunia maya, serta instagram yang kemudian muncul sebagai pilihan dalam berkicau lewat foto-foto unik dan menarik yang kita ambil kapan pun dimanapun.

Serta banyak social media lainnya yang terus bermunculan dan mengubah peradaban manusia dalam berkomunikasi, terutama berkomunikasi langsung tatap muka. Namun hal tersebut memiliki dampak positif bukan hanya untuk sekedar chat tetapi juga untuk berbisnis online, mendirikan komunitas, membuat group yang kemudian bertemu secara langsung di Indonesia dan seluruh dunia.

Jika tak ada social media, nampaknya Smartphone bukan lagi smartphone, karena keberadaan social media umumnya diakses lewat ponsel. Dengan makin banyaknya orang mengunakan social media, tentu selalu memerlukan koneksi internet yang mendukungnya, sehingga provider pun makin banyak meraup untung.

Dampak buruk pun tak terhindarkan dikala anak-anak dan remaja kurang hati-hati, karena kejahatan lewat social media mudah terjadi. Sehingga peran orang tua serta nilai-nilai agama dan moral pun penting pada setiap orang dijaman modern ini.


9. Web/Blog


gambar: dignited.com

Website dan blog sudah menjadi bagian dari jurnalistik penting saat ini. Bukan hanya perusahaan populer saja yang mampu membuat website untuk profil perusahaan namun juga perorangan saat ini bertaburan dimana-mana.

Website umumnya digunakan oleh perusahaan proffesional baik sebagai profil perusahaan, ataupun portal berita dan informasi yang saat ini banyak bermunculan. Namun demikian perorangan pun bisa mempergunakan website ini, bukan hanya untuk personal namun juga hingga berbisnis online lewat E-Commerce.

Puluhan juta website ditambah blog menjadikan internet makin ragam penggunaanya. Yang paling trend saat ini adalah blogger dunia yang makin bertambah hingga di Indonesia sendiri telah ditetapkan hari Blogger nasional yang jatuh tanggal 27 Oktober.

Apresiasi tinggi bagi blogger, menjadikan makin pesatnya pertumbuhan blogger dunia, karena selain gratis, blog merupakan media untuk menungkan ide kreatif dalam bentuk tulisan, gambar hingga video. Berbagi informasi menarik dari artikel basa basi, populer, hingga pendidikan sekalipun.

Bahkan bukan hal yang aneh lagi, blog menjadi sebuiah ajang memperoleh kepopuleran serta menghasilkan pendapatan tambahan atau utama bagi penyuka dunia teknologi, internet serta tulis menulis. Adanya adsense google serta adsense lainnya membuat jutaan orang blogger meraaup untung hingga ratusan bahkan ribuan dollar perbulannya dari ngeblog.

Setiap kalangan mulai dari anak-anak, pelajar, mahahasiswa, karyawan, entrepeneur, hingga ibu rumah tangga pun banyak melakukan aktivitas blogging ini sambil menghabiskan waktu senggang atau memang menjadi hobi utama.

Bukan hanya blogger dan pemilik website yang memperoleh keuntungan dari aktivitasnya, penyedia hosting web, domain hingga web designer, web development, dan sejenisnya pun memperoleh keuntungan yang tentu omsetnya makin besar. Sebut saja Hostgator, bluehost, godaddy, atau di Indonesia ada masterweb memperoleh keuntungan dari setiap pembelian hosting dan domain.

Bahkan pekerjaan sebagai web designer dan development atau bidang IT umumnya, mendapat rata-rata gaji lebih besar dibandingkan pekerjaan lain sebagai karyawan PNS atau sejenisnya.

10. Online Retailing

gambar: beandigitalmedia.com

Internet, media sosial, website telah mengubah peradaban manusia dalam dunia teknologi informasi. Hingga cara berbelanja online pun tersebar informainya lewat online reatailing. Sejak Amazon lahir tahun 1994, sebagai web e-commerce yang menyediakan beragam jenis produk dari buku, elektronik, fashion makin banyak bermunculan retail online besar lainnya seperti ebay, alibaba.

Di Indonesia sendiri ada Olx yang dulunya tokobagus, berniaga, hingga tokopedia dan elevenia yang baru-baru ini makin populer sebagai media perdagangan produk lokal maupun internasional yang dijajakan secara online.

Hal ini mengubah kebiasaan konsumen umumnya yang berbelanja langsung ke toko atau pasar, berubah haluan membeli lewat internet yang kita kenal online shop. Begitupun penjual makin banyak menjual produknya lewat internet karena selain murah bahkan gratis juga lebih efisien terlebih saat ini jaringan internet udah tersebar luar luas.

Bukan hanya pemilik website online retail, penjual atau pun pembeli yang mmperoleh keuntungan, jasa pengirimanpun memperoleh imbas positif. Pasalanya penjualan online tentu memerlukan jasa pengiriman yang bisa mengantarkan paket pembelian ke tangan konsumen. Datapun membuktikan omset jasa pengiriman naik jauh dengan maraknya online retailing.

0 komentar: