Minggu, 15 Maret 2015

KEP.SERIBU, IBARAT HAWAI DI UTARA JAKARTA

Kepulauan Seribu, Ibarat Hawaii di Utara Jakarta


Kepulauan Seribu - Kota Jakarta yang ramai dan bising membuat manusia lupa, bahwa di sisi utara ada ratusan pulau nan tenang, berpantai indah dengan alam bawah laut yang menawan. Kepulauan Seribu memang ibarat Hawaii di utara Jakarta.

Banyak orang Jakarta yang tidak menyadari potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Seribu. Ketika ditanya soal Jakarta, banyak warganya dengan lantang menyebut Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Timur dan Utara. Namun, seringkali Kabupaten Kepulauan Seribu terlewat.

Pun demikian ketika ditanya soal wisata pantai, yang diingat adalah Bali, Lombok, Anyer, Pangandaran, Parangtritis. Padahal, Provinsi DKI Jakarta memiliki deretan pulau seindah kawasan Samudera Pasifik yaitu di Kepulauan Seribu. Travel Highlight kali ini akan mengupas primadona wisata bahari Jakarta ini.

Gugusan kepulauan seluas 8,7 km2 ini memiliki tidak sampai seribu pulau memang. Catatan resmi Pemprov DKI mencatat ada 110 pulau. Sepertiganya menjadi pulau wisata, yang lain adalah kawasan pemukiman, kawasan penunjang nelayan atau tidak dihuni manusia sama sekali.

Dengan Pulau Pramuka sebagai pusat pemerintahan, Kepulauan Seribu masih punya banyak hal untuk ditawarkan. Mereka menyambut semua perahu wisatawan sampai cruise mewah yang menyeberang dari Muara Angke, Muara Kamal, atau Pelabuhan Marina Ancol. Mau ke pulau mana, pilihannya ada di tangan wisatawan.

Taman Arkeologi Onrust misalnya, sebagai deretan pulau yang paling dekat dari Jakarta, menyediakan situs wisata sejarah peninggalan kolonial Belanda. Ada Pulau Onrust dengan bekas galangan kapal, Pulau Cipir, Pulau Kelor dengan Benteng Martello dan Pulau Bidadari.

Lebih jauh ke utara lebih banyak lagi pesona Kepulauan Seribu yang bisa memenuhi minat wisatawan. Anda mau snorkling atau diving? Ada Pulau Payung, Pulau Sepa, Pulau Semak Daun, Pulau Pari, Pulau Kotok dan masih banyak lagi. Bawa teman-teman yang banyak untuk kemping seru di Kepulauan Seribu. Banyak pulau sepi dan Anda bisa menjadi raja sehari di sana

0 komentar: