Minggu, 15 Maret 2015

BOYAN SLAT,INVENTOR MUDA PEMBERSIH PLASTIK DI LAUTAN

BOYAN SLAT, INVENTOR MUDA PEMBERSIH PLASTIK DI LAUTAN

Guys, mari kita berkenalan dengan pahlawan lautan, diusianya yang masih muda ia sudah mampu menyelamatkan dunia dari sampah plastik di lautan, dengan ide brilian nya yang sempat diremehkan oleh orang lain.

Boyan Slat, Presiden Direktur sekaligus Founder The Ocean Cleanup

Boyan Slat, remaja cerdas dan pecinta lingkungan ini begitu mengagumkan. Di usianya terbilang muda, tepatnya saat 19 tahun, ia menemukan sebuah sistem pembersih lautan dari sampah-sampah plastik dan sejenisnya. Ia menggabungkan environmentalisme, entrepreneurism dan teknologi untuk mengatasi isu-isu global keberlanjutan.

Idenya untuk membersihkan lautan berulang kali mendapat penoloakan bahwa "itu tidak dapat dilakukan"mendengar kata tersebut bagi beberapa orang mungkin akan berputus asa, namun tidak dengan Boyan Slat. Ia berpikir bahwa "Sejarah manusia pada dasarnya adalah daftar hal-hal yang tidak bisa dilakukan, namun kemudian dapat dilakukan."

Hal tersebutlah yang membawa ia menjadi seorang inventor muda sekaligus direktur utama diperusahaan yang ia miliki, sebagai pembersih jutaan ton sampah lautan termasuk plastik yang ia namakan The Ocean Cleanup.

Alat Pembersih Lautan milik The Ocean Cleanup
Berawal saat menyelam di Yunani, ia menjadi frustrasi ketika menemukan tas plastik lebih banyak tersebar dilautan dibandingkan ikan, dan bertanya-tanya: "Mengapa tidak kita membersihkan ini?"
Boyan Slat dan Potret Kumpulan sampah lautan
Saat masih di sekolah menengah, ia kemudian memutuskan untuk mendedikasikan setengah tahunpenelitian untuk memahami polusi plastik dan masalah yang terkait dengan pembersihannya. Hal iniakhirnya membuahkan konsep pembersihan pasif, yang disajikan pada konferensi TEDx di 2012.

Lautan biru dan pembersih sampah dari The Ocean Cleanup
Boyan menyatakan bahwa hasil studi menunjukkan tahun 2005 telah terdapat jutaan ton sampah plastik dilautan yang jika terus dibiarkan akan menimbulkan masalah mulai dari kehidupan ikan dan penghuni lautnya, yang berakhir pada kerusakan ekologi. Dan tentu saja berimbas pada ekonomi masyarakat terutama nelayan hingga kesehatan manusia umumnya.

Karena barus mampu menunjukkan konsep yang ia impikan layak secara teknis dan layak secara finansial,Boyan Slat berhenti sebagai mahasiswa tahun pertama Aerospace Engineering, untuk memfokuskanseluruh waktu untuk mengembangkan ide.

Pada 3 Juni tahun 2014, The Ocean Cleanup menyajikan 530 halaman hasil studi laporan (ditulis oleh 70orang), yang menunjukkan konsep metode yang layak untuk membersihkan hampir setengah plastik dariGreat Pacific Garbage Patch hanya dalam 10 tahun.

Pada 2012, The Ocean Cleanupdianugerahi desain teknis terbaik di Delft University of Technology. BoyanSlat telah diakui sebagai salah satu 20 paling menjanjikan sebagai pengusaha muda di seluruh dunia(Intel EYE50).

Lebih dari 70 orang saat ini yang menjadi bagian dari perusahaan Boyan Slat. Ia juga menerima donasi dari 38.000 lebih pecinta lingkungan untuk bersama-sama membersihkan lautan dan terkumpul 2 juta dollar lebih.

Tim The Ocean Cleanup
  
Sangat mengagumkan, pelajaran penting bagi kita semua, jika kita mau meskipun itu terasa sulit dengan tekad kuat serta kerja keras dan niat yang baik, apapu bisa terjadi. Karena kita manusia memang diciptakan untuk berpikir kemudian bersyukur akan keagungan yang Maha Kuasa.

Informasi selengkapnya mengenai Boyan Slat cek disini: http://www.theoceancleanup.com/

0 komentar: