Minggu, 15 Maret 2015

5 HAL DARI INDONESIA YANG MENDUNIA

5 HAL DARI INDONESIA YANG MENDUNIA

Setiap negara diseluruh dunia, pasti memiliki keunikan dan keistimewaan masing-masing, apakah itu dari makanan, dari sejarah, dari perkotaan, maupun penduduk hingga budayanya. Seperti halnya Jepang yang terkenal dengan origami, atau India dengan Bollywood. Bagaimana dengan Indonesia?

gambar: y0rri.deviantart.com

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu varian dari bahasa Melayu, yaitu Melayu Riau. Dalam perkembangannya, bahasa Melayu Riau tersebut mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20.

Karena sudah berubah dari bahasa aslinya, maka pendiri bangsa kita menamainya "Bahasa Indonesia" selain untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan. Penggunaan bahasa Indonesia diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kadang kita tidak “ngeh”, ternyata ada kata-kata yang berawal dari Indonesia sudah menjadi bagian kata-kata dunia. Dipakai tidak hanya oleh orang Indonesia tapi juga oleh orang-orang di luar negeri. Awal mula kata tersebut terkenal di dunia, awalnya berbeda-beda. Apa saja ya? Inilah mereka.

1. Java

Java adalah nama internasional untuk Jawa. Seperti kita tahu, Jawa adalah pulau berpenduduk terpadat di dunia, kelima terbesar di Indonesia, dan ketiga belas terbesar di dunia. Salah satu kata "Java" yang terkenal berupa nama bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device, dengan logo cangkir serta dan tatakan berwarna biru dan uap berwarna merah.


Nama dan logo ini konon diambil oleh pendiri Java ketika mereka sedang jalan-jalan di Indonesia dan minum secangkir kopi Jawa panas, yang menjadi inspirasi nama program baru mereka. Kebetulan mereka pecinta kopi.

2. Komodo
Komodo atau lengkapnya biawak komodo ((Varanus komodoensis) merupakan kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Pertama kali didokumentasikan oleh orang Eropa tahun 1910.

Komodo, gambar: anekatempatwisata.com
Namanya menjadi terkenal setelah Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor, pada tahun 1912 menerbitkan paper tentang komodo setelah menerima foto dan kulit reptil ini. Hal ini yang menjadi pendorong dilakukannya ekspedisi ke pulau Komodo oleh W. Douglas Burden pada tahun 1926. Dan ekspedisi ini menjadi dasar cerita film King Kong pada tahun 1933.

3. Bali

Seperti kita tahu Bali adalah pulau paling terkenal di Indonesia dan juga dunia, sebagai salah satu pulau tujuan wisata dunia.

Map Bali, gambar: indonesia-tourism.com

Bali menyajikan keindahan alam desa, pegunungan, dan pantai, berpadu dengan keindahan budaya dan agama tradisional; seperti pantai Kuta, desa Ubud, Tanah Lot, Sangeh, danau Batur, Kintamani, dsb. Keterkenalan Bali dapat kita saksikan dalam drama Korea yang dibintangi oleh Ha Ji-Won dan Jo In-Sung di tahun 2004 berjudul Balli-eseo Saenggin Il (Something Happened in Bali / What Happened in Bali / Memories of Bali).

Terinspirasi perjalanan hidupnya sendiri, Elizabeth Gilbert menulis memoir berjudul Eat, Pray, Love: One Woman's Search for Everything Across Italy, India and Indonesia, yang lalu diadaptasi ke dalam film berjudul Eat, Pray, Love diproduseri salah satunya oleh Brad Pitt dan dibintangi oleh Julia Robert dan Javier Bardem pada tahun 2010.

4. Kopi Luwak

Biji kopi Luak atau Luwak adalah salah satu biji kopi termahal di dunia, mencapai USD 100 per 450 gram. Berawal dari larangan Belanda terhadap para pekerja perkebunan pribumi Indonesia yang ingin mencicipi kopi hasil tanam paksa pada awal abad 18.

Kopi Luwak, gambar: tempokini.com

Para pekerja pribumi akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang suka memakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, dan ternyata rasanya nikmat.

Konon luwak hanya memakan buah kopi yang sudah matang di pohon, jadi biji kopinya terasa lebih nikmat. Kopi luwak terkenal mahal karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim.

5. Mata Hari
Margaretha Geertruida "Margreet" Zelle MacLeod lahir di Leeuwarden, Belanda tanggal 7 Agustus 1876. Dihukum mati dengan cara ditembak oleh regu tembak pada tanggal 15 Oktober 1917 dengan tuduhan mata-mata Jerman bagi pihak Prancis dan Inggris. Setelah menikah, pada Mei 1897 dia dan suaminya pindah ke Malang, Indonesia.

Patung Mata Hari di Belanda, gambar: wikipedia

Karena persoalan rumah tangga, Zelle berpisah dari suaminya dan belajar tari tradisional Indonesia lalu memilih “Mata Hari” sebagai nama panggungnya. Kisah hidup Mata Hari menjadi legenda dan popular. Hollywood pun sudah membuat filmnya di tahun 1931 dengan Greta Garbo sebagai pemeran Mata Hari.

0 komentar: