Senin, 23 Maret 2015

KEEKSOTISAN PANTAI WATU ULO,JEMBER

PANTAI WATU ULO JEMBER YANG EKSOTIS

Pantai Watu Ulo : Eksotika menawan laut selatan Jember. Salah satu obyek wisata pantai yang terkenal di kota Jember, bernama Pantai Watu Ulo. Pantai ini selalu ramai pengunjung, baik pada hari biasa, lebih-lebih saat liburan atau akhir pekan. Lokasi pantai Watu Ulo berada di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu. Jarak yang bisa kita tempuh menuju obyek wisata tersebut, yaitu sekitar 40 km sebelah selatan dari pusat kota Jember.
Pantai ini memiliki keindahan batu karang yang bentuk fisiknya menyerupai ular; memanjang dari bibir pantai hingga tepi laut. Bentuk karang yang seperti itulah, sehingga pantai tersebut dinamai dengan Pantai Watu Ulo.

Wisata Pantai Watu Ulo

Popularitas pantai ini tak hanya dikenal oleh masyarakat Jember dan sekitarnya, namun juga masyarakat di kota-kota yang lain. Letaknya yang relatif berdekatan dengan pantai Papuma, acapkali menjadi pilihan berwisata para wisatawan setelah Papuma. Meskipun demikian, pantai Watu Ulo tak kalah memikat bagi para wisatawan, selain Papuma. Pada hari-hari tertentu, di pantai tersebut acapkali digelar ritual tradisional masyarakat setempat, yaitu Larung Sesaji. Ritual yang sudah dilakukan secara turun temurun tersebut dilakukan dengan melempar sesembahan ke lautan lepas. Rupa sesembahan seperti hasil bumi masyarakat di sekitar pesisir pantai. Ritual ini mereka lakukan sebagai bukti syukurnya atas nikmat Tuhan Yang Mahakuasa.
Di pinggiran pantai, kita bisa menjumpai deret perahu tradisional nelayan setempat. Perahu-perahu tersebut menjadi sarana utama bagi nelayan setempat untuk melakukan aktivitas keseharian mereka, seperti mencari ikan di tengah laut ataupun mengantar para wisatawan bila ada yang mau menyewa.
pantai watu ulo
Gerbang Menuju Watu Ulo
pantai watu ulo
pantai watu ulo
pantai watu ulo
Selain rupa pantai, kita bisa pula menjelajahi destinasi wisata terdekatnya, seperti Goa Jepang, taman bermain untuk anak, maupun Goa Kelelawar. Bagi para pegiat kegiatan perkemahan, ada spot khusus yang cocok untuk mereka tempati. Dengan berlatar belakang pantai, tentunya kegiatan berkemah di sekitar pantai Watu Ulo akan terasa berkesan dan menyenangkan.
Sejarah dan Legenda Watu Ulo: Sebuah legenda rakyat setempat, dipercaya dari generasi ke generasi, tentang pantai di Jember ini. Konon, batu karang yang memiliki ukuran panjang sekitar 500 meter dan menyerupai ular ini, dipercaya sebagai perwujuduan raja naga yang sedang tertidur pulas. Hewan raksasa tersebut merupakan utusan Ajisaka untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Suatu hari nanti, sang ular naga akan terbangun dari tidur panjangnya dan berubah menjadi sosok manusia. Batuan karang yang membujur menyerupai ular ini diyakini pula memiliki panjang hingga membelah wilayah perhutanan di sekitar pantai.
Apapun itu, keindahan Pantai Watu Ulo Jember ini menggugah gairah dan animo para wisatawan untuk mengunjunginya. Keindahan pantai yang bercampur mitos kental masyarakat setempat, merupakan unsur daya tarik tersendiri untuk mereka kenal dan ketahui lebih dekat.

0 komentar: