Minggu, 15 Maret 2015

KEJAIBAN ALAM YANG TERSEMBUNYI DARI MATA MANUSIA

INILAH KEAJAIBAN ALAM YANG TERSEMBUNYI DARI MATA MANUSIA

Kita hidup di dunia dengan keindahan luar biasa yang kadang begitu halus dan kasat mata sehingga tak terlihat oleh mata manusia.


Oleh karena itu, pengetahuan, teknologi dan science menjadi satu kesatuan dalam mengungkap yang kasat mata menjadi tampak terlihat oleh mata. Cahaya adalah sumber penglihatan manusia yang dapat dimanfaatkan oleh teknologi kamera untuk membuat film sebuah keajaiban alam yang tersembunyi.

Hal itulah, yang dilakukan oleh Louie Schwartzberg untuk memperlihatkan apa yang tidak terlihat. Ia mengeksplorasi serta memiliki kecintaan luarbiasa pada alam sehingga terciptalah karya film 3D IMAX berjudul "Mysteries of the Unseen World."
Louie menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang membuat keindahan alam sekitar menjadi kasat mata dan tidak bisa kita nikmati diantaranya:

  1. Terdapat gerakan yang terlalu lambat untuk dapat dideteksi oleh mata, seperti selang waktu yang membuat kita menemukan serta memperluas perspektif hidup kita. Atau pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang sulit kita lihat secara jelas.
  2. Terdapat gerakan yang terlalu cepat untuk bisa kita lihat secara langsung oleh mata. Sehingga memerlukan teknologi seperti kamera untuk menangkap gerakan tersebut.
  3. Kita mungkin sangat besar, sehingga tidak menyadari hal-hal kecil disekitar kita seperti benda mikroskopis, layaknya elektron yang untuk dapat melihatnya secara jelas harus diperbesar berjuta-juta kali.

Dalam film tersebut, ia menampilkan betapa indahnya dan mengagumkannya alam sekitar. Ia menampilkan video slow motion beragam jenis serangga, hewan, serta menampilkan bagaimana proses perkembangan tumbuhan, bahkan menampilkan betapa menakjubkannya jaringan internet di dunia yang kasat mata.

Tak hanya itu, sirkulasi udara, awan dan angin, lautan yang terhampar luas serta metamorfosis kupu-kupu dan bagaimana sebuah capung "Dragon Fly" mampu terbang dengan kecepatan yang stabil dengan arah kepakan sayap yang ternyata berbeda-beda.

Bahkan laba-laba memiliki rahasia besar, bahwa benang sutra laba-laba lebih kuat beberapa pon dari baja, meskipun dengan strukturnya yang halus dan elastis. Hal tersebut akan membawa kita pada dunia nano, dunia yang berukuran sangat miksroskopis. Seperti halnya benang sutra laba-laba ternyata berukuran 100 kali lebih tipis dibandingkan rambut manusia. Serta ukuran Virus, Bakteri, hingga DNA dan atom yang sangat kasat mata.

Dan banyak lainnya. Sungguh luar biasa dan membuat hati kita selalu tersentuh dengan keajaiban yang alam tunjukkan pada kita manusia. Maka tiada kata lain selain "awesome" dan bersyukur kita diberikan penglihatan yang baik, pendengaran yang sempurna serta kemampuan merasa yang tiada duanya.

So guys, let's be nice to the natural world, and be gratefull everyday

0 komentar: