Jumat, 20 Maret 2015

MENGAGUMKAN!!! JALANAN DARI PANEL SURYA

JALANAN TERBUAT DARI PANEL SURYA? INI NYATA DAN MENGAGUMKAN!

Jika panel surya saat ini banyak diperbincangkan sebagai solusi sumber energi ramah lingkungan dan tak terbatas, dengan memasangnya di atap rumah, maka mungkin dikemudian hari seluruh jalanan raya hingga gang akan memakai panel surya.

Ilustrasi jalanan surya di masa depan, gambar: indiegogo.com

Hal tersebut telah menjadi proyek masa depan yang telah dirancang oleh sepasang suami istri yang juga seorang insinyur bernama Scott dan Julie Brusaw. Jalanan terbuat dari panel surya yang akan sangat aman, bahkan memberikan manfaat besar bagi pengguna jalan, pengendara mobil, hewan yang melintas dijalanan, hingga sumber energi yang tak terbatas dan dimanjakan dengan keindahan lampu LED yang tertanam di dalamnya.
Tak hanya itu, dengan jalanan panel surya, 75% efek rumah kaca dapat teratasi dengan sangat efektif. Bahkan jalan yang terbuat dari panel surya ini berasal dari bahan tak terpakai. Cek video berikut:
Bentuk heksagonal dari desain jalanan raya akan sangat efektif dalam pembuatan jalan dengan material yang dihasilkan dari tumpukan kaca bekas, akan jadi sel surya dengan lampu led dan micro processor.
Bentuk heksagonal dari desain jalanan raya akan sangat efektif dalam pembuatan jalan dengan material yang dihasilkan dari tumpukan kaca bekas, akan jadi sel surya dengan lampu led dan micro processor.

Jalanan panel surya dari kaca kuat bentuk heksagonal

Jalanan panel surya dapat diinstal di jalantempat parkirjalan masuktrotoarjalur sepeda, taman bermain, dan semua tempat yang terkena sinar matahari di muka bumi.

Ilustrasi Panel surya di jalan raya, gambar indiegogo.com
 
Ilustrasi panel surya di jalanan depan rumah, taman dan tempat parkir, gambar indiegogo.com

Panel surya ini juga mampu melelehkan tumpukan es dan salju disaat musim salju tiba. Sehingga saat berkendara tetap lancar.


percobaan melelhkan salju dengan panel surya jalanan, gambar: indiegogo.com
Proyek ini memerlukan biaya yang terbilang tidak sedikit, dengan segala manfaat dan kecanggihan teknologi yang dipakai tentu jadi tantangan tersendiri. maka dari itu Scott dan istrinya sejak tahun 2006 melakukan penelitian dengan memohon segala bantuan dana  untuk merealisasikannya.

Sehingga di tahun 2009 pemerintah Amerika, US Federal Highway Administration secara resmi memberikan dana untuk penelitian dan pengembangan proyek jalanan surya tersebut.


Prototype II, Jalanan Surya, gambar: indiegogo.com
Permukaan kaca telah mengalamai pengujian beban, dan pengujian resistensi dampak di laboratoriumteknik sipil di seluruh Amerika, dengan melalui semua persyaratan. Telah banyak penghargaan yang diperoleh dari penelitian darn proyek Solar Roadway ini. Mulai dari Community Award, Finalis dari Worlds Technology Award for Energy.

Serta telah menjadi beberapa proyek mengagumkan bagi dunia yang lebih d=baik dan disiarkan langsung dalam media TV ataupun media cetak seperti CNN, TIME, Science, TED. Serta sederet prestasi lainnya yang sangat luar biasa.

Baca selengkapnya tentang Jalanan surya di sumber berikut ini: 
http://www.solarroadways.com/intro.shtml
https://www.indiegogo.com/projects/solar-roadways

0 komentar: