Jumat, 20 Maret 2015

FAKTA MENARIK PENGGUNAAN SMARTPHONE DI INDONESIA

5 FAKTA MENARIK PENGGUNAAN SMARTPHONE DI INDONESIA

Planet bumi yang begitu mengagumkan ini, dengan jumlah penduduk di dunia mencapai 7 miliar lebih semakin hari semakin ketergantungan terhadap teknologi canggih, tak terkecuali Smartphone. Kita ketahui bersama Smartphone merupakan teknologi tercepat perkembangannya dan tersebar luas dalam waktu relatif singkat.

Beragam Merek Smartphone, gambar: bgr.com
Ponsel cerdas yang jumlahnya kian meningkat setiap hari, bahkan tidak dipungkiri banyak dari kita memiliki smartphone lebih dari satu, dengan merek yang sama ataupun yang berbeda. Hal ini tentu saja menjadi perhatian penting pemerhati teknologi serta perilaku manusia di era modern. Seperti halnya Google tahun 2012 yang lalu meluncurkan sebuah situs mengenai fakta menarik dari penggunaan ponsel di seluruh dunia terutama 48 negara, termasuk salah satunya Indonesia.


halaman depan situs our mobile planet
Adalah Our Mobile Planet, sebuah situs yang dibuat oleh Google dan Ipsos MediaCT, untuk mengetahui data analisis penggunaan smartphone oleh konsumen diseluruh dunia. Data diambil dari sekitar 48 negara dengan usia 18 hingga lebih dari 55 tahun.

Android sebagai salah satu OS smartphone merajai hampir dibeberapa negara di dunia yang menggunakan smartphone. Android yang paling populer di Jepangdengan 55respondenmenggunakannyadibandingkan 39untuk iOSAndroid juga nomor satu di beberapa negara lain,termasuk Selandia Baru (41%), AS (40%), dan China (38%), tetapi tidak mendominasi di negara yang disurvei lainnya kecuali Argentina (33%, dan 18untuk nomor dua Blackberry).

Jika di Jepang 80% pemilik smartphone menggunakannya untuk mengakses internet setiap harinya, berbeda lagi dengan prancis yang menggunakan smartphone untuk menjelajahi internet sambil menonton tv, atau di Amerika 83% pemilik smartphone menggunakannya di toko, di Brazil 89% konsumen smartphone menggunakannya untuk mencari informasi lokal. Bagaimana dengan konsumen smartphone di Indonesia?

Berikut adalah 5 fakta menarik penggunaan smartphone oleh konsumen di Indonesia, berdasarkan laporan Google.


1. Smartphone Tak Terpisahkan dari Kehidupan Sehari-hari

Penetrasi ponsel Cerdas Kini mencapai 14% dan para pemiliknya Semakin Bergantung pada Perangkatmereka61mengakses Internet setiap hari dari smartphone mereka dan 73tidak pernah keluar rumahtanpa membawa smartphone. Bahkan 39% penggunanya menganggap lebih baik tidak menonton televisi daripada tidak menggunakan smartphone.

2. Smartphone Telah Mengubah Perilaku Konsumen

Penelusuran seluler, video, penggunaan aplikasi, dan jaringan sosial sangat tinggi. Bahkan 93% pengguna ponsel cerdas menggunakan lebih dari satu media sekaligus, serta 65% menggunakan ponsel sambil melakukan hal lain seperti mendengar musik. Seperti tampak pada salah satu grafik pengguna smartphone Indonesia dalam berjejaring sosial di dominasi lewat facebook dan twitter:

Grafik Penggunaan Jejaring Sosial di Indonesia
3. Smartphone Membantu Pengguna Menjelajahi Dunia

Munculnya ponsel cerdas merupakan hal yang penting bagi bisnis lokal. 94% pengguna ponsel cerdas mencari informasi lokal di ponsel mereka dan hasilnya 94% mengambil tindakan, seperti membeli atau menghubungi bisnis tersebut.

4. Smartphone Mengubah Cara Konsumen Berbelanja

Ponsel cerdas merupakan alat yang penting untuk berbelanja dengan hasil penelitian, 95% pengguna meneliti produk atau layanan di perangkat mereka. Penelitian melalui smartphone memengaruhi keputusan pembeli dan pembelian di seluruh saluran. 57% pengguna smartphone pernah melakukan pembelian melalui ponsel.

5. Smartphone Membantu Pengiklan Terhubung dengan Pelanggan

Iklan seluler dilihat oleh 98% pengguna smartphone. Smartphone juga merupakan komponen penting dari iklan tradisional karena 93% pernah melakukan penelusuran di smartphone mereka setelah melihat iklan offline.

Lebih rincinya mengenai fakta menarik seputar penggunaan smartphone di 48 negara, dapat dicek langsung dilink OurMobilePlanet.com dan juga bisa mengunduh langsung data hasil laporan google untuk penggunaan smartphone di seluruh dunia tahun 2013 di link berikut.

SUMBER: http://www.gomuda.com/2015/01/5-fakta-menarik-penggunaan-smartphone.html

0 komentar: