Senin, 23 Maret 2015

KEUNIKAN INDONESIA YANG DIKENAL DUNIA

5 KEUNIKAN INDONESIA YANG DIKENAL DUNIA 

Indonesia Begitu majemuk, sangat beragam mulai dari keragaman budaya, bahasa hingga flora dan fauna sebagai sumber daya alam tak ternilai harganya. Maka tak heran Indonesia memiliki banyak hal yang dikenal baik dunia.

Bela diri asli Indonesia: Pencak Silat

Masih ingat dengan 5 hal dari Indonesia yang mendunia: Java, Komodo, Bali, kopi luwak, dan Mata Hari? Indonesia ternyata masih punya 5 keunikan lagi yang terkenal di dunia. Apa saja ya? Inilah diantaranya:


1. KRAKATOA (KRAKATAU)

Merupakan kepulauan vulkanik yang terletak di antara pulau Jawa dan Sumatera, tepatnya di Selat Sunda. Krakatau terkenal akibat letusan gunungnya yang dahsyat di tahun 1883. Sejarah mencatat akibat letusan yang menyebabkan awan panas dan tsunami tersebut, 36.000 orang terenggut nyawanya.

Gunung Krakatau, gambar: volcano.si.edu
Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki dan Hiroshima pada awal Agustus 1945. Suara letusannya terdengar hingga Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika. Akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer, bumi sempat gelap selama dua setengah hari dan menikmati sinar matahari yang redup selama setahun. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.

Kejadian letusan Gunung Krakatau diadaptasi oleh BBC menjadi sebuah film tv dokudrama berjudul Krakatoa The Last Day di tahun 2006. Simon Winchester, seorang penulis dan jurnalis berkebangsaan Inggris, sebelumnya telah menulis di tahun 2003, Krakatoa : The day The World Exploded.

2. ORANGUTAN

Orangutan hanya ditemukan di hutan hujan pulau Sumatera dan Kalimantan. Khusus untuk orangutan, Indonesia berbagi dengan Malaysia di pulau Kalimantan. Pada tahun 1996, orang utan dibagi menjadi 2 yaitu orang utan Borneo/Kalimantan (P. pygmaeus) dan orang utan Sumatera (P. abelii).

Orangutan, gambar: temanorangutan.tumblr.com
Orangutan termasuk primata besar yang paling pintar. Keberadaan orangutan di budaya populer dapat kita temukan di kisah-kisah fiksi dan beberapa film terkenal seperti Rise of the Planet of the Apes dan sekuelnya Dawn of the Planet of the Apes.

3. GAMELAN

Gamelan berasal dari bahasa Jawa, asal kata “gamel”. Sarjana J.L.A. Brandes (1889) mengemukakan bahwa masyarakat Jawa sebelum adanya pengaruh Hindu telah mengenal sepuluh keahlian, diantaranya adalah wayang dan gamelan. Jadi kemungkinan besar gamelan asli dari Indonesia. Gamelan akhirnya terbagi menjadi gamelan Jawa, gamelan Sunda, dan gamelan Bali.

Gamelan. gambar: artsactive.org.uk
Gamelan sudah diapresiasi oleh komposer musik klasik terkenal Claude Debussy pada tahun 1889 di gelaran Paris Exposition. Pemenang piala Golden Globe dan Oscar untuk kategori Musik Pengiring Film Terbaik, Michael Danna, pada film Life of Pi, mengaku bahwa dia menggunakan gamelan Bali pada scene The Whale di film tersebut.

4. IKAT

Kata ikat pertama kali diperkenalkan kepada bangsa Eropa di awal abad ke-20. Ketika orang Belanda mulai memperhatikan kekayaan tekstil tradisional penduduk jajahannya yaitu Indonesia. Ikat adalah merupakan kain tenunan yang pada proses sebelum menjadi kain, benang-benangnya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam pewarna, motif kain ikat terlihat di kedua sisi kain.

Kain Ikat, gambar: hernuprawira.blogspot.com
Kain ikat selain di Indonesia juga terdapat di Amerika Selatan dan Tengah, India, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Jepang. Motif ikat juga tampak di sepatu Crocs : Women’s A-leigh Ikat Wedge, yang sayangnya belum ada di Indonesia, dan Burberry Prorsum untuk musim semi dan panas 2012.

5. PENCAK SILAT

Kata silat dikenal di kawasan Asia Tenggara, sementara pencak silat hanya dipakai di Indonesia. Alkisah silat diciptakan oleh seorang wanita Sumatera bernama Rama Sukana setelah menyaksikan pertarungan antar seekor harimau dan seekor burung besar. Lalu Rama mengajarkannya pada suaminya, Rama Isruna.

Pencak Silat, gambar: okeschool.com
Sejak itulah silat menyebar. Pada tahun 2011, film The Raid yang menyertakan adegan pertarungan dengan menggunakan seni bela diri pencak silat membuat kata pencak silat menjadi cukup terkenal di kalangan sineas barat.

Indonesia, negeri yang kita cintai, negeri yang kaya akan budaya dan sumber daya alamnya, sudah pasti patut kita banggakan. Ada banyak hal-hal kecil berasal dari Indonesia yang ternyata dunia sudah tahu, kita malah belum tahu.

Jadi, kawan, mari mulai sekarang kita memperhatikan hal-hal kecil yang berasal dari negeri kita sendiri. Jika bukan kita yang memperhatikan, siapa lagi? Jangan sampai budaya kita sendiri terlupakan, hingga harus orang luar yang melestarikannya.

0 komentar: