Minggu, 15 Maret 2015

KEJENIUSAN STEVE JOBS,PENDIRI APPLE

8 Kejeniusan Steve Jobs, Pendidri Apple

Masih membahas tentang Steve Jobs yang udah gak ada, sebenarnya gua masih gak percaya, tapi memang pada kenyataannya demikian!
Tadi gua baca berita di situs VIVANEWS.COM yang membahas tentang 8 Rahasia Kehidupan Steve Jobs , kalau lo mau baca bisa lihat disini .
Ternyata dia pernah di Drop Out dari sekolahnya,pernah bereksperimen untuk obat kejiwaan,dan dia juga adalah pengikut Budha! dan yang lainnya lo bisa baca sendiri.
Sekrang gua mau bahas tentang 8 Kejeniusan Steve Jobs yang gua baca di Tabloid PCplus edisi XI/13 - 28 September 2011 lalu. Mungkin sebagian dari kalian udah pernah baca, tapi mungkin juga sebagian belum baca, baik itu karna gak sempat atau juga mungkin gak punya tabloidnya, maklum juga seh gak banyak orang yang mau beli Tabloid tentang PC kalau bukan karna dia berkecimpung dalam dunia IT. Gua juga ngakuin itu, karna dulu semasa SMA gua lebih senang baca Tabloid Gosip dari pada tabloid Gadget atau PC.
so... Check this out!
1. Jangan Berhenti Belajar.
==> Pada tahun 1972 Jobs lulus dari Homestead High School di Cupertino lalu melanjutkan ke Reed College di Portland, Oregon, tapi keluar setelah satu semester. Meski Begitu, Jobs meneruskan beberapa kuliahnya disana (tanpa gelar), termasuk Kaligrafi, yang dikenangnya sebagai pelajaran yang paling mempengaruhi lahirnya desain Apple yang cantik - cantik.
2. PHK Bukan Akhir Dari segalanya!
==> Pada tahun 1976, Jobs mendirikan Apple bersama dengan beberapa rekan, tahun 1983 Jobs membujuk Jhon Sculley dari Pepsi-Cola untuk menjadi CEO Apple. Dua tahun kemudian Penjualan Apple merosot, keduanya menjadi tidak akur yang berujung pada pemecatan Jobs dari kepala divisi Macintosh.
3. Pilih Yang Sederhana.
==> Menurut Jobs sendiri, kesederhanaan adalah hal yang paling canggih! Ketika membuat suatu produk dia lebih sering bilang "tidak" dari pada "iya". Jobs anti dengan fitur yang hanya sekedar hiasan untuk mempercantik tetapi tidak penting.
4. Miliki Benak/Otak seorang Pemula.
==> Mengapa demikian? Hal ini diambilnya dari ungkapan dalam agama Budha, Cobalah melakukan pendekatan terhadap segala sesuatu dengan pikiran terbuka dan menyelaminya seperti itu adalah pengalaman pertama"
Miliki rasa ingin tahu yang tinggi, "Sangatlah menyenangkan mempunyai otak sang pemula!" Ungkap Jobs.
5. Hanya Yang Terbaik.
==> Apple yang telah berumur 35 tahun ini punya lebih dari 50 ribu karyawan, mencetak penjualan tahunan mendekati US$ 100 miliar, mencata pertumbuhan mencapai 60% pertahun, dan memproduksi produk yang laris manis setiap tahunnya. Dan Apple sanggu melakukan itu semua karena Jobs tidak mau menerima apa pun kecuali kesempurnaan! Meskipun karena itu dia dijuluki diktator perusahaan, toh Jobs sukses membawa Apple sebagai perusahaan tak terjangkau oleh kompetitornya.
6. Jeli Melihat Peluang.
==> Pixar si pembuat film animasi Toy Story, misalnya. Pada tahun 1986, sejenak setelah keluar dari Apple, Jobs membuat keputusan yang ternyata menjadi investasi paling menguntungkan baginya, berbekal US$ 5 juta, ia mengakuisisi para ahli komputer grafis yang dikumpulkan oleh George Lucas kedalam industrial Light & Magic Computer Division miliknya dan mengubah menjadi Pixar. Pada tahun 2006, Pixar dijual ke Walt Disney Co, senilai US$7.4 juta. Tidak hanya itu, Jobs ikutan duduk dikursi dewan komisaris Disney dan berhak atas bagian sahan tunggal terbesar Disney yakni 7 % benilai lebih dari US$ 3 miliar.
7. Berani Beda.
==> Toko retail Apple ada lebih 300 diseluruh Dunia, sayangnya belum hadir di Indonesia, bisa jadi contoh! Menurut Jay Elliot, pengarang buku "The Steve Jobs Way : Leadership for a new Generation", toko - toko tersebut tadinya dianggap sebagai resiko terbesar bagi perusahaan. Tapi Jobs sepertinya selalu melihat hal - hala dengan cara yang berbeda, dan berhasil membawa perbedaan - perbedaan itu menjadi kesukseasan terbesar!
Dan Perbedaan adalah Inovasi yang membedakan antara pemimpin dan pengikut, begitu kata Jobs.
8. Cintai apa yang kamu lakukan!
==> "Satu - satunya cara untuk melakukan sesuatu dengan hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan! Jika kamu belum menemukannya, maka teruslah mencari, jangan hanya diam diposisi mu sekarang, seperti halnya semua urusan yang terkait dengan hati, kamu akan tahu apa itu ketika kamu menemukannya!" Begitulah petuah dari Jobs.
Itulah 8 Kejeniusan Steve Jobs yang bisa kita ambil contoh.
Selamat Jalan Steve Jobs, Dunia akan selalu merindukan sosok sepertimu.

0 komentar: