Sabtu, 14 Maret 2015

KOTA DUNIA YANG BERAMBISI PENGGUNAAN ENERGI TERBARUKAN

INILAH 10 KOTA DI DUNIA YANG BERAMBISI PENGGUNAAN 100% ENERGI TERBARUKAN

Bumi yang hijau, tak lagi sepenuhnya hijau karena pepohonan banyak terkikis. Bahkan bumi yang biru cerah tak lagi sama saat ini, karena emisi karbondioksida sudah membuatnya makin pucat. Global warming yang mungkin tidak bisa dihentikan, sedikit- demi sedikit merubah kondisi bumi tercinta.

gambar: smallbiztrends.com
Para ilmuwan telah tegas mengatakan bahwa pemanasan global terjadi salah satu faktornya karena manusia terlalu banyak menggunakan energi tak terbarukan atau energi dari bahan bakar fosil. Energi ini menghasilkan emisi gas yang membuat bumi semakin panas. Penghematan beberapa orang yang paham akan pengaruh global warming pun tak bisa merubah keadaan, karena hanya sedikit yang melakukannya dibandingkan yang tidak berpartisipasi di seluruh dunia.

Namun dewasa ini, masyarakat dunia sedikit demi sedikit memahami global warming dari berupa pengaruh sampah kehidupan sehari-hari hingga penggunaan energi fosil. Pemerintah pun mulai ikut serta mendorong penggunaan hemat energi dan terbarukan, serta aktivis yang tak kenal lelah mengedukasi masyarakat yang menjadikannya pahlawan lingkungan patut dihargai.

Beberapa ilmuwan pun kembali menyatakan bahwa jika tidak melakukan penghematan energi secara maksimal maka global warming akan tetap terjadi tak bisa dihentikan sama sekali. Bahkan yang lainnya mengatakan sudah terlambat mencegah global warming dengan cara apapun. Senada dengan laporan dari penelitian ilmuwan yang menyatakan bahwa 2030 merupakan awal perubahan iklim ekstrim dunia.

Masih ada harapan, harapan membuat bumi kembali biru dan hijau, kembali segar dan menghangatkan dan mencegah pemanasan global yang makin kritis. Pemerintah dan masyarakat bahu membahu mewujudkannya. 

Seperti 10 kota di dunia yang berambisi menggunakan 100% energi terbarukan dan bersih demi kelangsungan bumi, tempat tinggal kehidupan manusia kini dan nanti.


1. Aspen, Colorado100listrik terbarukan pada tahun 2015

Aspen ternyata bukan saja termasuk kota wisata terindah dunia, kota ini pun menjadi kota terdepan yang menerapkan energi bersih dan terbarukan. Tercatat tahun 2014 telah mencapai 86% pasokan energi yang didominasi dari air dan angin. Aspen pun menargetkan kotanya tahun 2015 mampu menghasilkan 100% energi terbarukan untuk pasokan listrik.

2. CopenhagenDenmarkKarbon netral pada tahun 2025

Copenhagen yang juga merupakan ibukota Denmark ini, sangat beruntung dengan masyarakatnya yang paham akan energi terbarukan dan bergotong royong mewujudkannya hingga tahun 2025. Tak hanya itu, Copenhagen terbantu dengan angin lepas pantai yang memasok sebagian besar energi terbarukan untuk kebutuhan kota.

Saat ini, kota Copenhagen sedang berfokus pada penggunaan transportasi bebas karbon, termasuk salah satunya menggunakan sepeda sebagai salah satu solusi. Serta menggunakan infrastruktur ramah lingkungan dan tentu saja energi terbarukan berupa panas bumi jadi salah satu sumber energi nya selain angin.

3. Bonaire, Karibia100% energi terbarukan pada tahun 2015

Pulau Karibia, Bonaire dengan jumlah penduduk sekitar 14500 jiwa, ditambah 70.000 wisatawan setiap tahunnya, bukan sebuah kota metropolitan namun lebih pada kota pulau. Sebelumnya kota ini menggunakan generator diesel sebagai sumber energi, namun setelah terjadi kebakaran pembangkit listrik diesel tahun 2004, memberikan pelajaran penting bagi mereka.

Tahun 2015, menjadi tahun bagi kota ini untuk sepenuhnya lepas dari bahan bakar fosil untuk listrik dan telah menerapkan hampir 100% energi terbarukan, seperti menggunakan kombinasi tenaga angin dan penyimpanan bateraidikombinasikan dengan generator diesel cadangan yang pada akhirnya akandidorong oleh algae-based biofuels.

4. Munich, Jerman100listrik terbarukan pada tahun 2025

Munich, dengan populasi 1,35 juta orangadalah kota terbesar ketiga di Jerman. Komitmennya ditetapkanpada tahun 2008untuk menghasilkan energi terbarukan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrikseluruh kota pada tahun 2025 merupakan langkah yang signifikan menuju masa depan energi bersih. 

Menurut website kota Muncihkemajuan signifikan yang telah dibuat adalah memiliki kapasitas pembangkit sekitar 2,8 miliar kWh listrik hijau dari tanaman sendiriSetara dengan 37 persen darikonsumsi energi Munich dan secara signifikan memenuhi kebutuhan listrik kota Munich sekitar 800.000rumah tangga serta sistem bawah tanah.
5. SydneyAustraliapengurangan emisi 70pada 2030
Selain sebagai kota wisata, Sydney telah menetapkan bahwa tahun 2030 mampu mengurangi emisi karbon sebanyak 70%. 30% energi listrik rencananya akan dihasilkan dari 70% energi terbarukan berupaultra-efficient trigeneration (gabungan pendinginan panas dan energi).
6. San DiegoCalifornia100listrik terbarukan pada 2035

California telah menjadi bagian penting dari kota dunia dengan energi terbarukan terutama dalam menghasilkan energi surya dari panel surya, dan menjualnya ke masyarakat luas. 2035 menjadi target dimana seluruh lapisan masyarakat menggunakan listrik terbarukan. Bahkan 2014 lalu rencananya mulai ditetapkan hukum yang mengikat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 50%.Bersepeda, transportasi listrik terbarukan, hingga penanaman pohon jadi beberapa cara mewujudkannya.

7. Isle of WightInggris100% energi terbarukan pada tahun 2020

Bukan merupakan kota metropolis seperti Sydney, namun jika proyek EcoIsland, maka semua masyarakatnya akan memperoleh pasokan energi listrik terbarukan. Dengan sekitar 142.500 penduduk, tanpa terkecuali akan terbagi rata dengan memasang sekitar 1.300 atap surya, memanfaatkan pasang surut air laut, angin dan panas bumi yang dapat menghemat energi bagi kebutuhan kota.

8. Frankfurt, JermanNol emisi karbon pada tahun 2050

Sama halnya dengan Muncih, kota Funkfurt tak kalah berambisi menjadi kota dengan 100% energi terbarukan hingga akhir tahun 2050. Sebagai kota yang tergabung dalam Eurocities, Fankfurt menjanjikan pengurangan emisi karbon hingga 100 persen. Sejak tahun 1990 telah 15% emisi karbon dikurangi meskipun perekonomian naik 50% di tahun yang sama.
9. San JoseCalifornia

Dengan posisinya di jantung Silicon Valleytidak mengherankan bahwa San Jose memposisikan diri untuk memimpin inovasi teknologi. Termausk bagian dari positioning untuk tujuan mencapai 100 persen listrik terbarukan pada tahun 2022. Kota ini telah mengurangi kabondioksida pada birokrasi yang terkait dengan menginstal tenaga surya.
 
Kota ini salah satu dari sedikit di AS telah dihilangkan persyaratan izin bangunan untuk atap perumahansuryaSan Jose juga berencana untuk memasang surya di fasilitas kota yang mendukung inovasi teknologi,dan membantu menciptakan pengaturan daya beli massalSelain itukota ini bertujuan mendukungperjanjian jual beli listrik yang memungkinkan perusahaan dan warga untuk menjual tenaga surya yang mereka hasilkan untuk kebutuhan sehari-hari.
 
10. San FranciscoCalifornia100% listrik terbarukan tahun 2020

Mulai 2011, San Fransisco menjadi salah satu pendukung kota dengan energi terbarukan. Terbukti tahun 2012 kota ini telah mencapai angka signifikan dalam penghematan energi. Tercatat 41% merupakan energi terbarukan karena adanya San Francisco Public Utilities Commission’s (SFPUC). 

Seiring berjalannya waktu dan prioritas penyelamatan bumi, makin banyak negara dan kota di duni yang mendukung energi terbarukan. Bagaimana dengan Indonesia? Setidaknya masyarakat kita di Indonesia mulai menyadari bahwa energi terbarukan sangat penting. Hemat listrik serta menjaga lingkungan bersih harus segara dilakukan. Mengingat jumlah kendaraan bermotor kian bertambah setiap harinya.

sumber: mnn.com

0 komentar: