Minggu, 08 Maret 2015

BIOGRAFI ISSAC NEWTON DAN PENEMUANNYA YANG MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MANUSIA

Biografi  Isaac Newton dan Penemuannya yang Mempengaruhi Kehidupan Manusia

Awal Kehidupan Newton

Sir Isaac Newton lahir tepat tanggal 25 Desember tahun1643 dari sebuah keluarga yang relatif miskin. Ayahnya meninggal sebelum 3 bulan Newton dilahirkan. Sedangkan Ibunya menikah lagi namun dirinya tidak begitu dekat dengan ayah barunya.

newton, isaacn newton
ilustrasi ilmuwan besar Sir Isaac Newton, gambar: tahrirnews.com
Isaac Newton muda bersekolah di King's School, Grantham, Lincolnshire, dimana ia menjadi salah satu siswa terbaik di sekolah tersebut. Namun sayang Newton dikeluarkan dari sekolah karena ibunya yang meminta Newton kembali bekerja sebagai petani. Beruntung kepala sekolah tempat ia menimba ilmu memberikan peluang kembali pada Newton untuk menyelesaikan studi nya dengan mengikuti ujian kelulusan. Hasilnya ia lulus dengan nilai yang sangat memuaskan dan membuatnya mampu masuk ke Trinity College, Cambridge.


Newton di Perkuliahan

Di perkuliahannya, Newton sangat menguasai pelajaran matematika, science dan fisika. Newton memiliki kapasitas luar biasa dalam memecahkan soal matematika dan segala hal yang berkenaan dengan hitungan. Saking fokusnya belajar Isaac Newton tak banyak bergaul dengan wanita dan membuat ia melajang diselama hidupnya.

Isaac Newton disebut sebagai salah satu ilmuwan terjenius dalam sejarah. Prestasi dan penemuannya mengukuhkan dirinya sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia, bahkan Michael Hart mencatat namanya sebagai orang nomor dua setelah Nabi Muhammad sebagai orang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

Salah stau prestasi besarnya diawal penemuannya seperti mengembangkan teori kalkulus. Namun sayangnya Newtoon terdahului oleh ilmuwan lain bernama Leibniz. Leibniz lebih awal menuliskan teori kalkulus dan menerbitkan hasil tulisannya, dan menyangka Newton melakukan plagiarisme. Sehingga terjadi konflik hingga berakhir saat kematian Leibniz tahun 1713.

Penemuan dan Prestasi Newton

Kehidupan Isaac Newton penuh dengan penemuan membanggakan dalam bidang matematika maupun fisika. Berikut merupakan prestasi selama hidupnya yang mendedikasikan dirinya untuk menemukan hal baru dalam pengetahuan.


Penemuan Newton dalam bidang Matematika


  • Generalisasi Teorema Binomial
  • Identitas Newton
  • Metode Newton
  • Polinomial derajat tiga dalam dua variabel
  • Berkontribusi besar pada teori perbedaan terbatas
  • Penggunaan Indeks Pecahan
  • Geometri yang digunakan untuk memecahkan solusi dari persamaan Diophantine
  • Menemukan formula baru untuk pi

Meskipun banyak prestasi atas penemuannya dalam bidang matematika, sepertinya Newton lebih dikenal dalam bidang fisika berkat penemuannya yang hingga saat ini menjadi patokan pembelajaran ilmu fisika ataupun dalam kehidupan sehari-hari dalam beragam aktivitas manusia hingga saat ini.

newton dan cahaya, spektrum newton, prisma
Ilustrasi Isaac Newton dan penemuannya tentang optik, gambar: tackk.com

Berikut adalah Penemuan Newton dalam bidang Fisika


  • Optik. Newton membuat kemajuan besar dalam bidang optik. Newton mengembangkan penemuan mengenai spektrum dengan memisahkan cahaya putih melalui prisma.
  • Teleskop. Terdapat banyak perkembangan yang dibuatnya dalam teleskop, namun karyanya banyak dikritik Hooke, sehingga ia mengundurkan diri dari perdebatan ilmiah dan tak menyukai Hooke sepanjang hidupnya.
  • Mekanika dan Gravitasi. Dalam bukunya yang fenomenal berjudul Principal Mathematica, Newton menjelaskan tiga hukum gerak dengan menentukan kerangka acuan untuk fisika modern.Termasuk menjelaskan gerak sebuah planet.

Dari semua penemuannya, Mekanika dan Gravitasi lah yang benar-benar membawa nama Isaac Newon benar-benar dikenal dunia. Hukum gerak yang ia buat serta gravitasi telah menjadi penemuan fenomenal bahkan hingga saat ini hukum-hukumnya terpakai dalam beragam hal aktivitas manusia atau penemuan terbaru dari para ilmuwan yang banyak berkenaan dengan mekanika serta gravitasi.

gravitasi apel, newton gravitasi
Ilustrasi Newton dibawah pohon apel dalam menemukan teori gravitasi, gambar: bbc.co.uk
Kisah terpopulernya berkenaan dengan bagaimana Isaac Newton menemukan teori gravitasi lewat sebuah apel yang jatuh saat ia duduk dibawah pohon apel. Mungkin ceritanya sudah banyak dibesar-besarkan, namun kenyataanya teori tersebut diterima semua ilmuwan dan massyarakat dunia, dan mungkin benar-benar menginspirasi Newton dalam menemukan teori gravitasinya.

Tahun 1703, Newton menjadi anggota dari Royal Society hingga tahun 1717 ia bertugas sebagai Master of Mint. Newton juga sangat menyukai hal-hal berkaitan dengan alkemik, dia bereksperimen pada banyak objek seperti Mercury. Ia menemukan bahwa tingkat yang sangat tinggi pada merkuri dalam aliran darahnya mungkin mungkin berkontribusi pada kematian dini dan penyimpangan dikemudian hari.

Tak hanya itu, disepanjang hidupnya Newton juga sangat tertarik dalam mempelajari isu-isu agama, terutama mengenai Tuhan yang menciptakannya dan tidak percaya dengan Trinitas Tuhan. Sehingga disaat ia meninggal mempelajari dengan benar mengenai kitab yang ingin dipahami secara utuh, hingga menemukan sesuatu yang disaat itu tidak dipublikasikan oleh Uskup dan ditutup selama bertahun-tahun.

Newton merupakan ilmuwan yang sangat luar biasa, Alam semesta membuatnya terpesona. Dalam hidupnya ia berusaha mencari misteri yang tersembunyi hingga di luar kehidupan manusia. Dengan kecerdasan yang tajam dan kekuatan konsentrasi nya mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan luar biasa dalam berbagai bidang ilmu. Dia adalah individu yang unik, menurut John Maynard Keynes, yang juga merupakan seorang jenius di abad 20.

sumber: http://www.biographyonline.net/scientists/isaac-newton.html

0 komentar: