Jumat, 13 Maret 2015

APA ITU SABUK GOULD??

Apa itu Sabuk Gould?

Koleksi bintang-bintang terang (dan kebanyakan masih muda) yang Anda lihat di antara Orion dan Crux itu adalah bagian dari Sabuk Gould (Gould Belt).
Sabuk Gould yang berisi bintang-bintang terang. Kredit : J. Carpenter, T. H. Jarrett, and R. Hurt; 2MASS
Sabuk Gould pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin Gould pada tahun 1879 sebagai kumpulan bintang- bintang terang dan masif yang membentuk cincin di sekitar Matahari, dan cincin ini miring sekitar 16-20 derajat relatif terhadap cakram Galaksi dengan diameter 3000 tahun cahaya. Bintang – bintang di Sabuk Gould kebanyakan berasal dari bintang kelas spektrum O dan B di yang memiliki kala hidup singkat yang berada dalam lingkungan Matahari.  Bintang di kelas O dan B merupakan bintang panas dengan temperatur lebih dari 10,000K (Kelas O ? 33,000 K sedangkan kelas B antara 10000 – 33000 K)
Anda bisa melihat bintang-bintang yang diduga anggota dari Sabuk Gould kira2 pada arah rasi-rasi berikut ini: Cepheus, Lacerta, Perseus, Orion, Canis Major, Puppis, Vela, Carina, Crux, Centaurus, Lupus, dan Scorpius.
Teori terbaru mengenai timbulnya Sabuk Gould adalah diduga kira-kira 30 juta tahun lalu terjadi tabrakan antara gumpalan materi gelap bermassa kira-kira 107 massa matahari dengan sebuah awan molekul berbentuk ceper bermassa kira2 106 massa matahari. Tumbukan ini mengubah wujud awan molekul menjadi seperti cincin dan mendorong penggumpalan-penggumpalan yang kemudian membentuk bintang-bintang yang kemudian, di hari ini, dapat kita nikmati di langit malam bersama sang kekasih (pro tip: menceritakan kisah ini kepada sang pacar dapat meningkatkan peluang kita untuk menikahinya). Sudah banyak struktur-struktur yang menyerupai Sabuk Gould telah kita amati di galaksi-galaksi lain.

0 komentar: